Pakar ekonomi sepakbola dari Il Sole 24 Ore, Marco Bellinazzo berbicara dalam jupa pers peluncuran buku barunya yang berjudul ‘Akhir dari Sepakbola Italia’ kemarin dan menyinggung soal investor di sepakbola Italia dalam hal ini Suning:

“Penting bagi sepakbola kita memiliki investor yang menghasilkan 50 milyar euro setahun dan mau berinvestasi di sini, tempat yang banyak dinilai oleh orang yang berpikiran dangkal untuk datang dan mencari keberuntungan.

Kita bisa mengambil contoh dari Suning yang memiliki manajemen yang kuat dan berfokus akan keuangan klub. Mungkin di tahun pertama mereka ‘dibodohi’, namun mereka tidak terjebak di sana dan justru bisa belajar cepat.

China secara keseluruhan memiliki target untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia di tahun 2030 dan memenangkannya di 2050. Itu kenapa apa yang mereka pelajari di sini coba diterapkan dan disebarkan di negara mereka.

Seberapa besar pentingnya Suning di Inter? Sejauh ini mereka sudah memberikan dampak besar pada pendapatan dari sektor komersial yang mencapai hampir 100 juta Euro. Mereka menciptakan winning model di tim: membangun Inter Media House dan terus memperluas akademi klub di berbagai penjuru dunia. Itu kenapa saya berani mengatakan jika Inter bersama Suning akan menjadi penantang sebenarnya Juventus dalam beberapa tahun ke depan.

Inter memiliki pemilik asal China yang bagus dan tepat, berbanding terbalik dengan saudara sekota mereka yang memiliki pemilik yang tidak dikenal.

FFP? Inter menandatangani kesepakatan Settlement Agreement tiga tahun lalu dan pada 30 Juni besok menjadi tahun terakhir di mana mereka dipaksa mengakhiri musim dengan laporan keuangan harus seimbang atau 0 dan jika Inter berhasil meraih target ini, mereka bisa sedikit leluasa di bursa transfer karena setelahnya Inter boleh mengalami kerugian maksimal -30 juta Euro selama tiga musim. Hal ini jelas memberi sedikit kebebasan, tapi tetap masih belum bisa membuat tim menggelontorkan dana gila-gilaan. Namun seperti yang saya katakan di atas, dalam beberapa tahun ke depan, mereka akan menjadi penantang serius Juve. Kita akan melihat kekuatan Suning yang sebenarnya.”

Source: FCInter1908.it

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here