Richard Hall dari Football-Italia mewawancarai Sam Kelly, salah satu sosok yang dikenal sebagai pakar sepakbola Argentina mengenai Lautaro Martinez yang selangkah lagi bergabung dengan Inter.

Semakin dekatnya Lautaro Martinez ke Inter sedikit banyak membuat sorotan banyak orang mulai mengarah ke pemuda 20 tahun ini. Terlebih hat-trick yang ia cetak akhir pekan lalu semakin membuat banyak orang mengangkat alis mereka. Seberapa bagus dirinya?
“Sangat. Jorge Samapoli pekan lalu menyaksikan langsung dirinya berlaga dari tribun dan bukan sebuah kebetulan jika sekarang Martinez menjadi pembicaraan terutama perihal kemungkinan dirinya dipanggil memperkuat tim nasional Argentina di dua laga persahabatan pada Maret nanti konra Italia dan Spanyol.

Melihat tak banyaknya waktu tersisa antara saat ini hingga Piala Dunia, saya pikir sulit baginya untuk mendapatkan tempat di tim utama. Atau kalaupun ia mendapatkan panggilan memperkuat tim nasional di Piala Dunia, kecil peluangnya untuk dimainkan. Sementara deretan tim-tim yang menginginkannya yang terus bertambah setiap bulan rasanya cukup mengatakan seperti apa dirinya. Hanya langit yang menjadi batasannya.”

 

Apakah ia akan mampu menghadapi Serie A? Mengingat tak sedikit pemain dari Amerika Latin yang membutuhkan waktu untuk beradaptasi. Apakah ini terlalu dini?
“Saya pikir bukan masalah apakah ini terlalu dini atau tidak, karena berapapun usia seorang pemain, ketika dihadapkan dengan realitas baru, mereka butuh untuk beradaptasi dengan negara baru, bahasa, rutinitas dan sebagainya. Seberapa lama Anda terbiasa dengan negara baru tersebut tentu saja itu akan mempengaruhi seberapa cepat Anda beradaptasi secara profesional, karena siapa pun yang pindah ke luar negeri sudah paham akan hal ini.

Martinez dibesarkan di Bahía Blanca yang berjarak beberapa ratus kilometer ke selatan Buenos Aires dan kemudian harus pindah ke Greater BA untuk bergabung dengan Racing empat tahun yang lalu, pada usia 16 tahun. Ini setidaknya bisa menjadi gambaran jika dirinya sudah pernah merasakan hal yang saya bahas di atas yakni adaptasi. Ia melalangbuana di usia yang masih sangat muda. Setidaknya ini bisa memberikan harapan.

Setelahnya semua bergantung kepada dukungan dan saran yang diberikan kepadanya. Inter memiliki catatan kesuksesan dengan para pemain Argentina, jadi ada harapan mereka sudah memiliki cara untuk mengatasi hal ini.”

Keputusan Inter untuk mendatangkannya kemungkinan untuk mengantisipasi kepergian Mauro Icardi. Apakah ia siap untuk itu?
“Ya. Ia memiliki pergerakan yang bagus dan sangat baik dalam bekerja sama dengan rekan-rekannya. Ia tipe finisher yang eksplosif. Mereka memiliki banyak kemiripan dari berbagai sudut pandang.”

Media Italia menggambarkan Martinez sebagai sosok yang bisa bermain di berbagai posisi di lini depan, baik sebagai penyerang sayap, pemain nomor 10 atau 9. Apakah ia sebaik itu?
“Penyerang seperti dirinya memang harus bisa beradaptasi dengan berbagai peran, kecuali ia dipersiapkan sebagai mesin gol seperti yang dilakukan pada Sergio Aguero. Namun ia bermain lebih menyerang dari peran nomor 10 di tim.”

Bagaimana dirinya di luar lapangan?
“Saya tidak terlalu mengenalnya di luar lapangan.”

Bagaimana soal harga? Apakah biaya yang dikeluarkan Inter pantas?
“Ya, jika melihat bursa transfer saat ini. Akan ada masanya tim-tim Argentina akan berhenti menjual para pemain muda mereka dengan harga murah. Ditambah sang pemain baru menandatangani perpanjangan kontrak bulan lalu dan juga adanya ketertarikan tim yang lebih besar dari Inter, saya pikir harga yang ditawarkan pantas.”

Apa yang bisa Anda katakan kepada fans Inter tentang dirinya yang tak mereka temukan dari media-media di Eropa?
“Ia adalah satu-satunya pemain yang tampil di Sudamericano U20 dan World Youth Cup tahun lalu. Kemudian ia juga menerima banyak ilmu dan masukan dari mantan idola Inter, Diego Milito. Debutnya pun di Racing menggantikan Il Principe.”

Source: Football-Italia.net

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here