Seorang pengacara, direktur olahraga dan di atas segalanya: seorang fans Inter. Nama Peppino Prisco akan selamanya melekat dengan warna hitam – biru. Dalam dunia sepakbola, pernyataan yang ia sampaikan selalu menarik untuk disimak dan dikenang, bahkan hingga saat ini. Seperti saat dirinya berkata: “Jika saya bersalaman dengan fans Milan, saya akan langsung mencuci tangan saya. Jika saya bersalaman dengan fans Juventus, saya akan menghitung kembali jumlah jari saya.”

Hal lain yang tak akan terlupakan adalah kala Inter memenangkan banding di pengadilan dalam kasus di laga menghadapi Borussia Monchengladbach di babak perempat final UEFA Cup tahun 1971. Kala itu I Nerazzurri bermain di Jerman menghadapi Monchengladbach dan petualangan di Eropa sepertinya akan berakhir di sana karena pada laga tersebut Inter takluk 7-1.

Namun di babak pertama ada sebuah insiden di mana penyerang Inter, ‘Bobo’ Boninsega terkena lemparan botol yang melayang dari tribun penonton. Hal ini membuat Prisco yang juga dikenal sebagai pengacara melayangkan protes yang pada akhirnya berujung kepada laga ulangan dan Inter berhasil meraih kemenangan di laga ulangan tersebut.

Ia adalah salah satu anggota dari Alpine Coprs, asli dari Milano dan pangeran di ruang sidang. Ia juga tergabung di batalyon L’Aquilla yang pergi ke Rusia tahun 1942 yang terdiri dari 53 petugas. Tujuh bulan berselang, hanya tiga diantara petugas tersebut yang kembali ke Italia, satu diantaranya adalah Giuseppe Prisco atau lebih dikenal dengan ‘Peppino’.

Akan sangat sulit untuk menyingkirkannya, bahkan mustahil bagi lawannya untuk tidak menikmati momen yang menginspirasi dari dirinya.

“Saya menentang rasisme, namun saya tidak akan pernah mengizinkan putri saya untuk menikahi pemain Milan.”

Giuseppe Prisco

Giuseppe Prisco, (Milan, 10 Desember 1921 – Milan, 12 Desember 2001), adalah seorang pengacara, direktur olahraga dan wakil presiden Inter dari 1963 – 2001. Selama menjabat sebagai direktur Inter, ia memenangkan enam Scudetto, dua European Cup, dua Intercontinental Cup, tiga UEFA Cup, dua Coppa Italia dan satu Super Coppa.

 

Source: Inter.it

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here