Mantan orang nomor satu Inter, Massimo Moratti berbicara secara eksklusif kepada Gazzetta dello Sport membahas performa Inter di awal musim ini. Berikut kutipan menarik dari wawancara tersebut:

Juventus – Inter –
“Laga akhir pekan ini menghadapi Juve datang di momen yang tepat. Perisic adalah salah satu yang terbaik di Eropa saat ini. Icardi memiliki visi bermain yang luar biasa dan ia terus mencetak gol! Sekarang kata ‘Scudetto’ sudah boleh diucapkan Inter.”

Apakah laga menghadapi Chievo kemarin adalah penampilan terbaik Inter musim ini?
“Ya, itu adalah laga yang sempurna. Kami bermain dengan ritme yang tepat. Seluruh pemain berlari dan tahu kemana harus berlari dan apa yang harus dilakukan. Hal ini mengindikasikan mereka memang bersenang-senang di atas lapangan. Kita juga bisa melihat Candreva di sektor sayap yang cukup sering melakukan dribbling dan melewati serta meninggalkan jauh lawan-lawannya. Hal ini hanya bisa dilakukan ketikan Anda mulai merasa sehati dengan rekan-rekan di tim dan juga tentu para fans. Semua berasal dari kepercayaan besar yang diberikan oleh pelatih kepada para pemainnya.”

 

Sebelum berbicara tentang Spalletti, mari sedikit membahas Perisic…
“Ia pemain yang sangat bagus. Dari segi fisik ia luar biasa dan juga seorang pemain berkelas. Jika ia bisa menjaga kualitas permainannya, maka saya menilai tak banyak pemain sebaik dirinya di posisinya saat ini di Eropa.

Tentu setiap pemain memiliki karakteristik mereka masing-masing. Ivan bermain seperti saat ini karena itu sudah mengalir dalam DNA nya. Saya bisa katakan kami melakukan kerja bagus dengan memutuskan tidak menjualnya musim panas lalu, walau dalam hal ini peran Spalletti begitu vital.”

Icardi terus mencetak gol…
“Mauro selalu memiliki visi bermain yang luar biasa. Ia terus bekerja keras dan terus mencetak gol.

Klausul 110 juta Euro? Saya yakin pihak klub akan mengevaluasinya dan memang harus ditingkatkan. Benar jika Mauro ingin bertahan, namun Inter tidak bisa setiap musim panas selalu was-was dan takut (akan ada tim yang menebus klausul tersebut).”

Juga ada Skriniar yang menjadi pantauan banyak klub….
“Pria Slovakia ini sungguh fantastis dan saya pikir manajemen Inter melakukan kerja bagus dengan mendatangkannya. Mereka memang sudah menduga Skriniar akan sekuat dan sekomplet ini. Apakah ia seperti Samuel? Saya tidak pernah suka membuat perbandingan.”

Sekarang kita berbicara tentang Spalletti. Apakah benar Anda memberinya saran berharga saat makan malam bersama?
(Tersenyum)”Saya tidak melakukan itu karena ia memang tidak membutuhkan itu. Kami hanya makan malam biasa dan saya hanya berbagi apa yang saya rasakan sebagai fans Inter. Namun ia sudah mengerti segalanya dan sejauh ini dengan cepat mampu mengimplementasikan apa yang diinginkan oleh fans Inter tersebut dengan sangat baik.”

Pernahkan berencana membawanya ke Inter saat Anda masih di klub?
“Lebih dari sekali, namun karena beberapa hal, hal tersebut tak bisa terealisasi. Usai treble, kami sangat dekat untuk membawanya. Saya meminta Branca untuk berbicara dengannya, namun Luciano kemudian menjadi pelatih Zenit.”

Musim panas lalu sepertinya Antonio Conte menjadi pilihan utama manajemen Inter. Apakah Anda berpikir jalannya akan sama jika ternyata Conte yang menukangi Inter saat ini?
“Conte adalah pelatih bagus, namun benar ada perbedaan diantara mereka. Spalletti belum pernah memenangkan Scudetto dan ia melihat Inter sebagai kesempatan untuk meraih sebuah hal penting.

Conte sudah pernah menang di Serie A dan di Inggris dan jika ia gagal di sini, itu adalah kesalahan Inter, bukan dirinya.”

Membandingkan Spalletti dengan Mourinho?
“Spalletti membenahi pikiran para pemainnya, sama seperti yang dilakukan Mourinho. Hal ini akan memunculkan saling kepercayaan diantara mereka yang kemudian memberikan ketenangan bagi keseluruhan atmosfer di tim.”

Spalletti berhasil membangkitkan pemain seperti Brozovic, Ranocchia dan Santon…
“Itu benar dan saya yakin jika mereka saat ini berada di situasi yang berbeda. Brozovic adalah salah satu pemain yang menentukan beberapa musim lalu dan memang ia butuh sosok tegas seperti Spalletti yang membuat dirinya merasa lebih terlibat. Sementara Ranocchia dan Santon, itu sepenuhnya berkat bantuan Spalletti dan perlahan mereka mulai kembali berkontribusi.”

Inter berada di puncak, namun jarak poin dengan tempat kelima bisa saja menjadi empat poin (dengan asumsi Lazio menang pada laga tunda). Kondisi yang tidak biasa..
“Itu benar, namun kepercayaan datang dari bagaimana mereka bermain di lapangan dan dari kekonkretan. Di masa lalu, Inter tampil baik di awal musim, namun mereka tidak menemukan kontinuitas. Tidak ada pondasi yang solid. Saya pikir titik di tim ini datang saat menghadapi Napoli di mana tim pada akhirnya sadar dengan kemampuan mereka.”

 

Bisakah kita mulai berbicara Scudetto?
“Ya. Penting untuk memiliki kata tersebut di benak dan hati para pemain. Saya pikir penting untuk mengingat kata ini setiap pekan untuk bisa mendapatkan tensi yang dibutuhkan. Namun sekali lagi, itu tidak mudah karena ada Juventus, Roma dan Napoli di sana.”

Ini adalah waktu yang tepat untuk hadapi Juve?
“Inter berada di momen terbaik mereka jelang menghadapi Juventus dan saya berharap ini akan menjadi laga hebat karena rival kami kami hanya mereka di lapangan. Allegri adalah pelatih bagus dan kami perlu sangat jeli dalam menganalisis mereka. Saya menaruh kepercayaan penuh pada Spalletti.” 

 

 

VAR membuat Anda merasa lebih tenang?
“Tidak hanya saya, namun seluruh pihak. Meskipun tak jarang saya merasa terganggu karena laga akan tertunda beberapa saat menunggu tayangan ulang yang disaksikan oleh wasit.”

Apa yang paling Anda takutkan dari Juventus?
“Semua seperti bekerja dengan baik untuk mereka. Selain itu Juve memiliki Higuain dan Dybala. Andai saja saya memiliki kesempatan untuk membawa salah satu dari mereka, saya akan mendatangkan Dybala. Saya bisa membayangkan duet fantastis Icardi – Dybala!”

 

 

Prediksi untuk laga ini?
“Tidak akan! Bahkan tidak di mimpimu. Namun kami semua berharap ini laga yang bagus.”

Apa perbedaan rivalitas dengan Juve dan juga Milan?
“Tidak ada perbandingan. Di satu sisi kami memiliki duel dengan tim sekota. Di sisi lain, menghadapi Juve adalah laga yang sarat akan sejarah. Hal itu terbukti di lapangan jika musuh utama Inter adalah Juventus.”

Anda sudah menduga Milan mengalami kesulitan seperti saat ini?
“Saya sudah berpikir tidak pernah mudah menyatukan 11 pemain baru, namun masalah mereka ada banyak menurut saya, tidak hanya ini. Gol oleh kiper Benevento ke gawang Milan akhir pekan lalu menjadi potret gambaran mereka di mata dunia saat ini. Mereka tertinggal 18 poin dari kami dan saya hanya bisa sedih melihat itu.”

Milan merindukan Berlusconi?
“Mungkin, namun kalaupun ia bertahan, ia harus menaruh kepercayaan kepada pemilik China saat ini.”

Terkait Stadion…
“Inter sudah memiliki ide yang jelas. Kami ingin bertahan di San Siro. Sementara Milan, saya melihat mereka tidak tahu apa yang harus dilakukan kedepannya.”

Bagaimana pandangan Anda tentang pemilik Milan?
“Saya tidak ingin memberikan penilaian.”

Suning?
“Mereka memiliki potensi dan saya sangat ingin berbincang dengan keluarga Zhang. Mereka benar-benar mendedikasikan diri untuk Inter. Anda bisa bayangkan, hal itu ia buktikan dengan mengirim putranya, Steven ke sini.

Terikat dengan aturan pemerintah China? Mereka menghormati aturan tersebut, namun saya yakin mereka akan melakukan apapun untuk memenuhi kebutuhan tim ini, terutama di bursa transfer.”

Apa pendapat Anda tentang Antonello, Sabatini dan Steven Zhang…
“Sabatini adalah sosok yang memang mendedikasikan hidupnya untuk sepakbola. Ia bisa bekerja sangat baik bersama Ausilio.

Antonello? Ia sosok yang transparan dan mengingatkan saya seperti Fachetti. Steven? Saya sangat menyukainya. Ia tahu bagaimana cara memberikan kepercayaan sambil tetap menjaga rasa hormatnya. Ia begitu terikat dalam membangun kembali Inter saat ini.”

Inter Hall of Fame lahir. Siapa pemain yang Anda dukung untuk masuk kedalamnya?
“Mulai dari Meazza, kemudian sosok di La Grande Inter dan kemudian Ronaldo, Ibrahimovic dan Milito.”

Absennya Thohir saat ini membuat Anda merasa aneh?
“Ia sudah melakukan bagiannya sebelumnya dan sekarang bergantung pada kesepakatan dengan Suning. Pengganti ideal sebagai Presiden? Tak perlu diragukan, Steven Zhang!”

Source: FedeNerazzurra

 

 

 

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here