Pada 21 Maret 2002, Inter melakoni salah satu laga hebat dalam sejarah mereka saat meraih kemenangan tandang atas Valencia yang membantu tim melangkah ke partai semi final UEFA Cup berkat gol tunggal Nicola Ventola. Namun, hal yang paling berkesan di malam tersebut bukan gol atau perayaan yang dilakukan, melainkan gambaran sosok Francisco Farinos yang mengenakan seragam milik Francesco Toldo untuk mempertahankan gawang I Nerazzurri oleh dirinya sendiri.

Ini adalah kisah yang menarik bagi kedua tim: terutama karena Francisco Farinos tumbuh dan berkembang bersama Valencia. Ia sangat disanjung oleh Claudio Ranieri yang memenangkan gelar Copa del Rey dan Supercopa de Espana bersama dan juga membantu Hector Cuper melangkah ke partai final Liga Champions 2000 bersama Valencia sebelum ditaklukkan oleh Real madrid.

Sejak saat itu dirinya menjadi target dari banyak tim dan Inter berhasil mengamankan tanda tangannya dengan biaya 36 milyar lira (atau sekitar 18 juta Euro).

“Tak ada yang mau maju, jadi saya menghadap Cuper dan berkata: ‘Biar saya yang tangani.'” – Francisco Farinos

Petualangannya bersama Inter dimulai dengan sangat baik dengan gol yang ia ciptakan ke gawang Lazio di partai final Super Coppa Italia, namun seiring waktu perjalanannya bersama Inter tak sesuai harapan.

Namun malam itu saat menghadapi Valencia sudah cukup menjadikan Farinos idola di hati para fans Inter: menghadapi mantan timnya, pemain mungil ini berani menggantikan posisi Francesco Toldo usai di kartu merah di menit ke 89, menggunakan jersey yang ukurannya terlalu besar bagi dirinya demi mempertahankan keunggulan timnya guna menjaga asa untuk memenangkan gelar UEFA Cup. Enam menit yang luar biasa, dengan beberapa penyelamatan. Kontribusi enam menit yang akan dikenang sebagai salah satu pertemuan paling epik dalam sejarah.

Francisco Farinos

Francisco Farinos (Valencia, 29 Maret 1978), melakoni debutnya bersama Valencia di usia 18 tahun dan meraih dua trofi di sana. Ia bergabung bersama Inter di tahun 2000 dan bertahan selama tiga setengah musim (49 penampilan, dua gol) dan sempat dipinjamkan ke Villareal musim 2002/03.

Source: Inter.it

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here