#NASharing: Inter Undur-undur?

#NASharing: Inter Undur-undur?

BAGIKAN

*Surat buat Mas Bud ‏@Windekind_Budi via Bung Ale @Nerazzurri_Ale

Pagi hari setelah beranjak dari kasur, buka twitter, temukan tweet @Nerazzurri_Ale, “Apa hal ini cukup buat kita berekspektasi besar, spt raih Scudetto yg kansnya sebesar lubang undur-undur? Atau tak perlu ekspektasi tinggi…”. Saya langsung berimajinasi ke mana-mana sambil mengernyit dan berpikir keras dalam hati, “Hahhh…lubang undur-undur !! Ada apa lagi antara Inter dengan undur-undur?”

Setiap hari sebagai Interista, saya termasuk orang yang rajin pantengin berita klub kesayangan Inter Milan, salah satu caranya pasti dengan mampir ke account bung Ale. Ini sudah seperti ritual. Nah, kembali menyinggung pengantar di awal perihal undur-undur, tak dinyana ini berkaitan dengan artikel mas Budi (@Windekind_Budi). Segera saya meluncur membaca tulisan beliau…. “Apa Yang Bisa Dilakukan Oleh Inter Musim Ini?”

Mas Bud, sejauh yang saya amati adalah seorang Interista yang proporsional, realistis, dan terukur dalam menilai perkembangan Inter. Histori tulisannya di komunitas Fandom.id menguatkan persepsi saya tentang dirinya. Di website yang digawangi anak-anak muda penggila kulit bundar itu kita bisa membaca sikap “politik” sepakbola dari mas Bud terkait Inter. Beberapa di antaranya bisa disebutkan di sini: “Suning, Internazionale Milano, dan Ekspektasi yang Berlebih”, “Mauro Icardi dan Perlunya Internazionale Milano Berproses Membentuk Tim yang Solid”, “Rio Haryanto, Internazionale Milano, dan Persoalan Brand Image”, maupun “Membumilah Interisti”.

Sejumlah nukilan judul tulisan di atas tentu akan lebih menarik kalau kita baca isinya secara utuh. Disitulah jiwa sesama Interisti akan bertemu. Tentu ada yang sepakat dan ada yang mengingkari. Kalau saya secara pribadi sih nyambung dan lebih banyak sreg dengan artikel yang dituangkan olehnya.

Saya juga mengagumi pandangan dari Bill Shankly, salah satu manajer legendaris Liverpool. Shankly pernah berujar, “If you can’t support us when we lose or draw, don’t support us when we win”. Alasan inilah yang membuat saya kadang geli bercampur gemas melihat tingkah pola teman-teman Interisti setelah Inter berlaga. Sssttt…, saya sih ikut mangkel di depan TV atau mencak-mencak di depan streaming-an laptop kalau Inter tampil di bawah form terbaiknya, tapi saya masih “berusaha” proporsional menilai pemain, pelatih, atau manajemen tim. Begitu kan seharusnya, mas Bud?

Musim baru liga Italia segera bergulir, bagaimana kans Inter? Menyelisik timeline @Nerazzurri_Ale maupun [email protected]_Budi akan kita temukan kosakata yang sering muncul yakni “ekspektasi” maupun “berekspektasi” terkait harapan Interisti akan peluang dan prestasi Inter musim ini. Di timeline mas Bud saya pernah komentari bahwa “Berekspektasi” itu = “BoER EKSperimen PEnuh KejuTAn prestaSI”. Sontak mas Bud ngakak melihat keisengan saya berakronim.

Besok adalah “Inter Day”. Kampanye musim baru dimulai dengan bertandang ke stadion Marcantonio Bentegodi. Apa pun hasil akhirnya versus Chievo (NB: Hasil akhir 2-0 untuk kemenangan Chievo), semoga skuat besutan allenatore Frank de Boer tetap solid dan terus berkembang. Lebih dari itu, semoga Interisti di Indonesia belajar lebih dewasa menyikapi pasang surut klub kebanggaannya. Teriaklah Forza Inter !!! tidak hanya ketika tim menang tetapi juga ketika kalah maupun seri. Kita sebagai Interisti tentu punya ekspektasi masing-masing. Pelihara dan jagalah ekspektasi itu. Jangan sampai tanpa ekspektasi, seperti kosakata “ekspektasi” yang bahkan juga tidak ada dalam Kamus KBBI kita.

Owalahhhh…., sampai lupa. Lah, terus urusan undur-undur itu bagaimana? Wah…mas Bud ini terlalu. Kok bisa-bisanya menghubungkan Inter dengan sejenis serangga ini. Analisis gotak gatik gatuk saya begini (dengan bersumber dari wikipedia): Undur-undur adalah sebutan untuk kelompok (klub sepakbola) serangga dari familia myrmeleontidae (La Grande Famiglia Inter). Di dunia ini diperkirakan ada sekitar 2.000 spesies undur-undur dan mereka tersebar di seluruh dunia (Internazionale), terutama di wilayah bersuhu hangat dan berpasir. Nama “undur-undur” diberikan pada hewan ini karena kebiasaan larvanya (il Biscone/Si Ular Besar) berjalan mundur saat menggali sarang jebakan di tanah (salah satu strategi tim untuk mundur bertahan dan menjebak lawan dengan serangan balik). Hehehe…hampir klop.

O ya, konon katanya undur-undur berkhasiat juga untuk mengobati hipertensi atau tekanan darah tinggi. Siapa tahu teman-teman interisti ada yang cepat emosi dan naik tensinya kalau nonton Inter. Inilah mungkin yang dimaksud INTER Undur-undur.

#ForzaInter

Oleh: @bala_seda

3 KOMENTAR

  1. kirain bakalan panjang lebar ngejelasin judul… eh taunya diparagraf terakhir doang… haha..
    terus menulis gan…. forza inter

LEAVE A REPLY